kuliah online

Belajar Lebih Dalam Tentang Kuliah Online

Mahasiswa non-tradisional sangat diuntungkan dari mendapatkan gelar online daripada kembali ke kelas. Pembelajaran online, atau e-learning, memungkinkan untuk keuntungan tertentu yang tidak dimiliki ruang kelas tradisional. Pembelajaran online juga menimbulkan kekhawatiran tertentu bagi mereka yang tidak mengerti teknologi atau tidak menyukai gagasan ruang kelas virtual. Di bawah ini adalah tiga keuntungan utama, dan tiga potensi masalah dengan, mengambil kursus kuliah online.

 

Manfaat

Waktu

Keuntungan terbesar dari pembelajaran online adalah waktu. Meskipun sebagian besar jadwal ketat mengenai waktu giliran, pekerjaan dapat dilakukan pada kerangka waktu Anda sendiri karena Anda memiliki satu hari penuh untuk menyerahkan tugas dalam kebanyakan kasus, yang bertentangan dengan satu periode kelas ketika menghadiri kelas fisik. Jika Anda perlu menjemput anak-anak dari sekolah, Anda tidak perlu khawatir kehilangan kelas atau meminta izin untuk pergi lebih awal. Jika terjadi keadaan darurat, Anda dapat segera mengatasinya. Singkatnya, Anda dapat kembali ke sekolah sambil tetap mempertahankan kehidupan nyata.

Biaya

Sementara kelas online sendiri berharga sebanyak kelas reguler, biaya tambahan yang biasanya dikeluarkan dari kelas reguler bukan merupakan faktor untuk kelas online. Misalnya, biaya perumahan khusus, biaya penggunaan pusat rekreasi, biaya penggunaan komputer kampus, paket makan, dan biaya bensin dihilangkan ketika mengambil kelas online. Sebagian besar kelas online masih membutuhkan buku teks, baik dalam format reguler atau e-book. Tetapi biasanya, selama Anda memiliki komputer dan koneksi Internet yang andal, ada sedikit biaya tambahan untuk kelas online.

Kenyamanan

Pembelajaran online menarik bagi siswa yang lebih tua karena kelas dapat dihadiri tanpa kembali ke sekolah dengan benar. Meskipun pemikiran untuk kembali ke perguruan tinggi dapat mengundang dan menyenangkan, sebagian besar siswa non-tradisional tidak dapat benar-benar menjadi mahasiswa lagi; sebagian besar memiliki pekerjaan, keluarga, dan kewajiban lain yang mencegah mereka untuk fokus hanya pada sekolah dan “kehidupan kampus tanpa beban”. Kelas dan gelar online disambut sebagai alternatif bagi siswa non-tradisional yang ingin melanjutkan karir dan keterampilan pengetahuannya dalam lingkungan yang lebih matang dan realistis.

 

Kekhawatiran

Beberapa siswa khawatir bahwa semua lingkungan belajar virtual terisolasi dan tidak efektif untuk kerja kelompok dan diskusi. Namun, dalam dekade terakhir, banyak lompatan teknologi telah membuat ruang kelas virtual sama inklusifnya dengan ruang fisik. Kombinasi email, kamera web, fitur obrolan, dan berbagi sumber menciptakan suasana e-learning virtual yang ideal. Perguruan tinggi dan universitas menggunakan sistem virtual learning environment (VLE) untuk e-learning. Program VLE komersial yang paling umum adalah Moodle, Blackboard, Democrasoft dan CyberExtesion. Program-program ini menggunakan sinkron (real-time audio dan visual link-up) dan sistem asinkron (email, papan pesan, dll) untuk menghubungkan siswa dan instruktur satu sama lain dan sistem perguruan tinggi. Pelajaran dan demonstrasi dilakukan melalui media ini serta tugas, seperti pekerjaan rumah dan tes. Sebagian besar lembaga menyediakan pelatihan tentang penggunaan program VLE khusus mereka. Namun, keterampilan komputer dan Internet sedang hingga canggih diperlukan untuk menggunakan program-program ini secara efektif dan nyaman. Berlatihlah menggunakan sistem sebanyak mungkin sebelum kelas dimulai; manfaatkan sesi pelatihan tambahan dan bacalah semua literatur dari instruktur tentang subjek tersebut. Penting juga untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi kegagalan daya atau Internet dalam hal mengakses pelajaran dan menyerahkan tugas. Pastikan untuk menyimpan salinan cetak dari semua instruktur, IT dan kontak help desk.

 

Kualitas pendidikan

Banyak universitas dan kolese terakreditasi menawarkan gelar online yang memiliki jumlah kredit yang sama dengan gelar reguler. Profesor dan instruktur yang mengajar kelas virtual hampir selalu mengajar kelas reguler di institusi yang sebenarnya juga. Bergantung pada bagaimana instruktur individu menjalankan kursus dan bagaimana Anda sebagai siswa mengambil keuntungan dari sistem pembelajaran, kuliah online bisa sama efektif dan bermanfaatnya dengan yang ada di lingkungan kelas fisik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *