4 Hal Yang harus Diperhatikan Oleh Peserta Ujian CPNS

Pendaftaran CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil telah dibuka sejak 11 November 2019. Total yang melamar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 hingga 4.197.218 orang. Pelamar yang dinyatakan lulus untuk tahapan administrasi dengan memenuhi syarat dan kriteria yaitu sebanyak 3.364.867 orang. 

Setelah dinyatakan lolos dari tahapan pertama yaitu seleksi persyaratan administrasi, para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus mengikuti tahapan yang selanjutnya yaitu harus mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020. 

 

Untuk pembagian pelaksanaan mengenai jadwal, lokasi, dan ketentuan tes atau tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbeda sesuai dengan instansinya masing-masing. Biasanya semua informasi mengenai pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) diumumkan di website resmi dari masing-masing kementerian dan instansi. 

 

Jadi, sangat disarankan untuk para Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS untuk selalu memantau website resmi dari kementerian dan instansi yang telah didaftarkan untuk selalu mengetahui informasi-informasi penting dan terbaru seputar pelaksanaan rangkaian dan ujian-ujian yang harus dilalui tersebut.  

 

Dalam mengikuti tes tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS harus mengikuti beberapa peraturan yang harus ditaati agar bisa mengikuti seleksi tahapan tersebut.

 

Berikut ini beberapa peraturan dan ketentuan yang harus diperhatikan oleh para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS.  Liat Berita Nasional

 

1. Kartu Ujian

Para peserta CPNS wajib untuk membawa Kartu Peserta Ujian yang telah dicetak sebelumnya pada akun masing-masing yang tertera di website resmi setelah persyaratan dokumen-dokumen yang telah diunggah dinyatakan lolos dan memenuhi persyaratan. Para peserta juga diharuskan untuk membawa e-KTP sebagai tanda pengenal kependudukan asli Indonesia.

 

2. Pakaian

 

Semua peserta Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS diwajibkan memakai dan menggunakan pakaian dengan ketentuan yang telah ditentukan untuk mengikuti seleksi ujian tersebut. Dengan menggunakan baju kemeja dengan lengan panjang berwarna putih polos tanpa adanya corak, dan dilengkapi oleh celana ataupun rok panjang berwarna hitam polos tanpa adanya corak (tidak menggunakan jeans). Bagi peserta CPNS perempuan yang menggunakan jilbab harus memakai jilbab berwarna hitam polos. Untuk sepatu, para peserta harus memakai yang tertutup dan berwarna hitam.

3. Hadir Lebih Awal

Semua peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tanpa terkecuali, diharuskan untuk datang dan hadir lebih awal yaitu 90 menit sebelum pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dimulai. Bagi para peserta ujian yang tidak hadir di hari, tanggal, waktu, dan tempat ujian yang sesuai dan telah ditentukan tanpa terkecuali dan dengan alasan apapun, maka dianggap dan dinyatakan tidak lolos atau gugur.

 

4. Hak Panitia

Apabila peserta CPNS yang mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan yang sesuai dengan ketentuan yang ada, panitia ujian di lokasi tersebut berhak untuk tidak mengikutsertakan peserta CPNS tersebut dalam tahap ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan itu artinya peserta tersebut telah gugur. 

 

Kewajiban dan Larangan Saat Ujian 

Peserta ujian CPNS diharuskan untuk duduk pada tempat duduk yang telah ditentukan, karena biasanya telah ada nomor para peserta pada masing-masing.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *